10 Besar Penyanyi Sunda Terbaik Yang Pasti Ingat Lagunya

Bandungrayanews –  Masih tentang seni dan kebudayaan sunda. Dalam seni pasundan tak lepas dari seni musiknya, dan tentunya terdapat banyak sekali penyanyi-penyanyi sunda yang kasohor atau terkenal di pasundan. Para penyanyi sunda memiliki ciri khas yang sangat mumpuni dengan kualitas vokal yang mereka miliki dalam mendendangkan atau ngahaleuangkeun tembang-tembang sunda.

Berikut 10 Besar Penyanyi Sunda Terbaik versi SahabatBerbudi :

10. Rita Tila

Rita Tila, Penyanyi yang satu ini memiliki suara yang lembut dengan kualitas yang sangat luar biasa, lirih dan cengkok sundanya sangat ajiiibb untuk di dengar. S2 Jurusan Musik UPI Bandung ini, salah satu tembang hitsnya berjudul teuteup jeung imut. Rita Tila yang memiliki segudang prestasi seperti Juara I Kawih Se Jabar, Penyanyi Daerah Terbaik Tingkat Nasional, Juara I Kepesindenan Piala “Titim Fatimah”, Juara I Kepesindenan Piala “Titim Fatimah” dan  Perolah Penghargaan Gubernur Sebagai Penyanyi Pop Sunda Berprestasi (Anugrah Budaya).
karena itu, penyanyi yang bertinggal di Komp Kopo Permai 3 Blok 9 cdf No 38 Bandung pantas berada di 10 Besar Penyanyi sunda Terbaik.
9. Yana Kermit
Di Posisi ke 9, ditempati oleh Yana Kermit. Beliau adalah penyanyi dan pencipta lagu-lagu sunda yang hits dan bisa disebut Sunda Hits Maker. Beberapa lagu yang populer dinyanyikannya berjudul ojeg, neneng, ayun ambing.Beberapa tembang ciptaannya yang populer diantaranya ulah ceurik, jalir jangji, bogoh kasaha, curug cinulang, dll Kalo disebutin satu2 ga akan muat,hehe.. Soalnya lagu-lagu karya Yana Kermit banyak yang populer lurrr. Mantapp lah kang kermitt..
8. Rya Fitria
Rya Fitria mojang bandung lahir 10 Juni 1985, penyanyi bintang kdi3 yang di kenal dengan lagu sunda “BOGOH KA SAHA” ini memiliki bakat musik sejak SD, namun baru mulai serius menginjak smp kelas III SMP, awal karirnya rya sering mengikuti perlombaan, dari pengalamannya mengikuti beberapa perlombaan, Rya meraih prestasi yang mambanggakan seperti juara 10 kdi3 th 2006, juara 1 lomba nyanyi di indosiar, th 2002 juara 1 lomba nyanyi di Sctv dan Tpi, juara 1 MTQ tk Jabar th 2000, th 1999 juara 1 MTQ Kab. Bdg, tahun 1998 juara III lomba nyanyi PAMMI Jabar, Juara 1 lomba nyanyi piringan emas tk Jabar, Juara 1 MTQ kota Bdg, Juara 1 MTQ Jabar, tahun 1997 juara 1 lomba nyanyi TVRI, juara II lomba nyanyi pop tk Jabar dan masih banyak prestasi-prestasi yang di raihnya. Suara khasnya sangat indah dan syahdu untuk didengarkan. Dari itu Rya pantas masuk 10 Besar Penyanyi Sunda Terbaik.
7. Bungsu Bandung
Mobil Butut, Surabi Haneut, Talak Tilu, adalah beberapa judul lagu populer yang dimiliki oleh penyanyi sunda kelahiran Sumedang, 5 November 1962 ini.

Dialah Bungsu Bandung si Centil dengan suara ngajelengeng. Ibu yang memiliki nama asli Hj. Mimi Setiawati ini bertahun-tahun lamanya menekuni dunia musik, tak heran jika ia kini dikenal luas dan digemari oleh banyak orang Sunda. Kemampuannya tidak sebatas menyanyi dangdut, ibu yang senang berkebaya anggun dan pandai menari jaipong ini juga pandai melantunkan lagam degung, jaipong, ketuk tilu, kasidah, dll. Kini,Bungsu Bandung telah melahirkan puluhan album yang banyak disukai para penggemar musik Sunda dan sangat pantas berada di 10 Besar Penyanyi Sunda Terbaik.

6. Rika Rafika

Di posisi ke enam di tempati oleh penyanyi sunda asal Banjaran, Rika Rafika. Perjalanan karirnya dimulai sejak kelas 3 SD hingga berbagai kejuaraan telah diraihnya, antara lain, JUARA 1 Pasanggiri Jaipongan se JAWA BARAT (1989),JUARA 1 PASANGGIRI Kawih Sunda karya Mang KoKo se JAWA BARAT(1999).juara Pasanggiri Tembang Sunda HUT PT. pindad ke-17 (2000), HUT Korpri ke 32 (2003), Juara Pasanggiri dan Festival Sinden Tingkat Nasional, piala Tiim Patimah (2004). Selain sukses dipanggung-panggung Festival, kesuksesannya juga dibuktikan dengan beberapa kali menjadi Duta Seni ke beberapa Negara, seperti Rumania, Scotlandia, Yugoslavia, Yunani, Abudabhi, Perancis, Belanda, Jepang, Korea, dan berbagai Negara lainnya.

Suara indahnya berhasil ia persembahkan dalam beberapa tembang hitsnya seperti Bangbung Hideung, Dalingding Asih, Karedok Leunca, Milang Bentang, dll.

5.Detty Kurnia

Masuk ke 5 besar, di posisi ke lima di tempati oleh Detty Kurnia. Penyanyi sunda yang satu ini memiliki suara indah nan merdu, tak salah jika lagu yang dinyanyikannya yang berjudul “Duriat Pegat” pada tahun 2006 menang dalam AMI Awards 2006 untuk nominasi Lagu Daerah terbaik. Beliau seringkali merecyle lagu-lagu sunda yang sebelumnya di nyanyikan oleh penyanyi sunda pria seperti mawar bodas, ulah ceurik, ayun ambing dll namun hampir semua lagu yang beliau recycle berhasil dan sukses di pasaran. Beberapa judul lagu populer Detty Kurnia lainya diantaranya :Tebih kalangitna, Tapak Cinta, Milih Saha, dll.
4. Yayan Jatnika
Yayan Jatnika adalah salah satu penyanyi sunda terbaik yang dimiliki Indonesia. Suaranya yang indah mampu membuat pendengar ketagihan mendengarkan lagu-lagu yang didendangkannya. Banyak sekali lagu-lagunya yang sangat populer dan menjadi favorit pendengar musik sunda. Lagu-lagu Yayan Jatnika sangat berkualitas dan seringkali lagu-lagunya dijadikan lagu wajib lomba nyanyi atau festival sunda. Beberapa lagu populernya diantaranya : Lamunan, Mega Hideung, Hampura, Sancang, Kosipa, dll.
3. Doel Sumbang
Siapa yang tak kenal dengan penyanyi Jawa barat yang satu ini,Dialah Doel Sumbang. Penyanyi dan pencipta lagu yang satu ini bukan hanya populer di tanah pasundan, tapi juga di seluruh Indonesia bahkan dunia. Lagu-lagunya sangat populer, tema lagu yang diusung bertemakan cinta, keindahan alam, religi, kritik politik, humor, dan seringkali tentang sindiran buat cewe-cewe nakal seperti lagu awewe sapi daging, ema, runtah dll. Dan lagu sunda populer lainnya berjudul pangandaran, bulan batu hiu, duriat madinah, somse, edun, dll

Nama Asli : Wahyu Affandi
Nama Populer : Doel Sumbang
Tanggal Lahir : 16 Mei 1963
Tempat Lahir : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

2. Nining Meida 

“Rambut panjang nu ngarumbay disangkeh panangan nyampay” demikianlah lirik lagu Kalangkang milik penyanyi Nining Meida, seorang penyanyi sunda yang telah mengabdikan diri sebagai seniman Jawa Barat sejak 1986 silam. Nining Meida banyak menyanyikan lagu-lagu ciptaan Nano S, seperti lagu Potret Manehna, Kalangkang, Anjeun, Tibelat, dan Rangrang Panyawangan. Lagu-lagunya kerap sekali di putar pada sound system acara-acara hajatan. Makanya setiap kali lagunya diputar serasa sedang kondangan, hehe..
Penghargaan yang pernah diraihnya diantaranya :
– HDX-BASF Award 1987/1988 untuk album “Klangkang”
– Jawa Barat Music Award 2005 dari Sekolah Tinggi Musik Bandung

Beliau merupakan seniman sunda terbaik yang karyana tak lekang oleh waktu. Maka dari itu beliau sangat pantas mendapatkan penghargaan dari pecinta musik. maka dari itu aku menempatkan Teh Nining di 3 besar tepatnya diperingkat kedua dalam 10 Besar Penyanyi Sunda Terbaik.

1. Darso

Jika ditanya siapakah yang pantas menjadi Rajanya lagu-lagu sunda? Maka jawaban saya adalah Kang Darso. Beliau adalah legend nya musik sunda. Mulai dari pop sunda, calung sunda, dangdut sunda bisa beliau mainkan dan hasilnya selalu bagus dan diterima pencinta musik sunda.Tak heran jika banyak penyanyi-penyanyi sunda yang mengidolakannya dan terinspirasi oleh Alm. Darso, hingga gaya dan cara berpakaiannya pun kedarso-darsoan. Demikianlah sang legend sangat berarti di hati para pencinta musik sunda. Lagu-lagu beliau hampir semua populer, beberapa diantaranya : Maribaya, Maripi, Dadali Manting, Kabogoh Jauh, Cucu Deui, dll. Kematian Kang Darso sangat membuat pecinta seni sunda kehilangan, walau begitu karyanya akan tetap ada dan tak kan hilang, dan akan tetap dilestarikan oleh pecinta musik sunda. Semoga beliau tenang di syurga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *