Wakil Wali Kota Bandung Yana Tinjau Lahan RTH di Cibiru Kota Bandung

Bandungrayanews.com/ KOTA BANDUNG- Penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kanhay yang terletak di Kelurahan Palasa Kecamatan Cibiru telah mencapai 90 persen. Dalam waktu dekat, lokasi ini sudah bisa digunakan downhill bagi para pesepeda.

“Pemanfaatan RTH milik Pemkot Bandung ini kita lakukan penghijauan.

Dilihat dari kontur yang ada lahan tersebut layak untuk dibuat trek downhill. Alhamdulillah progresnya 90 persen tanpa tebang pohon,” tuturnya di sela-sela meninjau Kanhay di Kelurahan Palasa Kecamatan Cibiru Kota Bandung, Senin 24 Agustus 2020.

Ia yakin kawasan tersebut mampu menjadi tempat favorit masyarakat, khususnya para pecinta sepeda downhill.

“Tempat favorit rider downhill. Insyaallah Bandung kota besar, kita punya lahan luas arena donwhill cukup panjang sampai 4 km. Treknya menantang dan cukup jauh,” tutur Yana.

Ide terbentuknya RTH menjadi sarana olahraga itu datang dari para pegiat sepeda khususnya yang bergerak di jenis Mountain Bike (MTB). Mereka menyodorkan konsep pemanfaatan lahan menjadi arena lintasan sepeda MTB. Harapannya, lintasan tersebut bisa penunjang prestasi olahraga.

Selama ini Kota Bandung belum memiliki lintasan sepeda. Sehingga peluang untuk mengembangkan potensi atlet sepeda asal Kota Bandung yang kini jumlahnya semakin banyak bisa semakin besar.

Para pegiat sepeda gunung memang sudah memanfaatkan lahan kosong di Blok Garung Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru sebagai lintasan. Mereka juga yang kemudian memberi nama Kanhay. (Iwn Belekok)*

Loading