UPI Melakukan Program Pengabdian Pada Masyarakat Kab. Bandung

Bandungrayanews.com/ Kab. Bandung – Program Studi Manajemen Resort & Leisure, Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) melaksanakan rangkaian program pengabdian pada masyarakat di Desa Wisata Alamendah Ciwideuy Kabupaten Bandung Pada hari ini, Rabu, (26/8/ 2020,).

Program ini dibuka secara resmi oleh perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Bapak Mohammad Sofiyurahman didampingi oleh Ketua Prodi MRL, Bapak A.H Galihkusumah. Program P2M tahunan yang pada kali ini memiliki tema
“Project Pembuatan Virtual Tour 360° dan Pelatihan Handsign Guiding”, dilatarbelakangi oleh kepedulian dosen dan mahasiswa Prodi MRL atas kondisi pandemi yang sangat mempengaruhi sektor pariwisata di semua lini dan juga keinginan untuk mewujudkan accessible tourism bagi semua.


Melalui pembuatan virtual tour ini diharapkan dapat mendorong geliat kegiatan pariwisata di desa Alam Endah melalui kegiatan wisata yang aman dan memenuhi protokol kesehatan Covid–19.

Sedangkan pelatihan handsign atau bahasa isyarat dan pelibatannya dalam materi tour diharapkan dapat memberikan akses bagi teman-teman tuli yang juga memiliki hak untuk berwisata.

Project ini sendiri sudah dimulai sejak awal Agustus 2020. Prodi telah melatih 8 orang mahasiswa MRL angkatan 2017 (Merin, Natasya, Revida, Chika, Aldi, Nizar, Aditya, dan Ervan)
untuk pengambilan data lapangan dan pengolahan virtual tour 360°.

Hari ini hingga tanggal 29 Agustus nanti, rekan-rekan mahasiswa akan mengambil data foto dan video kehidupan masyarakat Desa Wisata Alamendah. Nantinya, virtual tour yang telah dibuat dan disisipkan materi guiding menggunakan bahasa isyarat ini akan dilatihkan kembali kepada para penggiat pariwisata dan operator wisata di desa Alamendah untuk dapat dipraktikan ketika sektor pariwisata telah kembali normal.

Menurut Kasie ekonomi kreatif Disparbud kab Bandung Muhammad Sofiyurahman mengatakan pada media ,” Saya sangat berterima kasih pada UPI yang akan mendorong sektor pariwista di Kab.Bandung, dan kami berharap bukan hanya dari unsur akademisi saja, juga konsep pentahelix dimana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam memajukan pariwisata di Kabupaten Bandung ,” Tutur nya

Semetara Ketua Prodi MRL, Bapak A.H Galih Kusumah Dr.MM,SST,PAR. Mengatakan ,” Di saat pandemi ini tentu nya sangat terganggu kita fokus di  sektor pariwisata ini, di sini UPI merasa terpanggil untuk pengabdian kepada masyarakat husus nya di desa alam endah, kita akan memberikan pelatihan  Pembuatan Virtual  dan Pelatihan Handsign Guiding , pariwisata di sini bisa di promosikan lewat elektronik digital, website, Dll sehingga nanti disaat sudah normal kembali para pekerja wisata bisa berlari untuk bisa merarik lagi wisatawan dan bisa beraktifitas normal kembali ,” Pungkas nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *