Korban Vaksin Corona Bertambah Lagi, Jadi 23 Orang Tewas

bandungrayanews.com /Jakarta-Program vaksinasi Covid-19 menjadi malapetaka di Norwegia. Laporan terbaru pada Jumat 15 Januari 2021, sudah 23 orang meninggal dunia, tak lama setelah disuntik vaksin Covid-19 Pfizer.

Mengutip Bloomberg, belum ada penjelasan pasti mengenai efek vaksin secara langsung kepada mereka yang tewas. Namun, Institut Kesehatan Publik Norwegia berkata, vaksin itu diduga berbahay untuk mereka yang memiliki penyakit bawaan, serta lanjut usia.

Sementara ini, dari 23 orang yang meninggal dunia, 13 di antaranya telah diautopsi. Hasilnya mengejutkan, karena ditemui efek samping yang sama di beberapa korban.

“Bagi mereka yang sudah sepuh, efek samping vaksin, meski sangat ringan, bisa memiliki konsekuensi serius,” kata keterangan resmi Insitut Kesehatan Publik Norwegia.

Sejauh ini, vaksinasi di Norwegia sudah menjangkau lebih dari 33 ribu orang. Penerima vaksin sementara ini masih didominasi oleh petugas kesehatan dan kelompok rentan maupun lanjut usia.

Norwegia menggunakan vaksin Pfizer/BioNTec dan dalam waktu dekat akan juga memakai vaksin Moderna.

Sebelumnya vaksin Pfizer ini sudah menjadi sorotan karena diketahui bisa memicu reaksi alergi parah pada pasien. Kasus alergi parah ini pernah terjadi di Amerika Serikat dan Eropa.REQnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *