1 Jam Virus Corona Bisa Sembuh dengan Campuran Tiga Bahan Ini, Benarkah? Ini

Bandungrayanews.com/ Manpaat Kelapa Muda.

Tak sedikit informasi tentang ramuan tradisional ataupun herbal untuk mengatasi virus corona atau Covid-19.

Beragam obat herbal atau ramuan tertentu yang disebut mujarab untuk penderita Covid-19 menyebar di media sosial dan aplikasi percakapan.

Salah satunya, yang beredar belum lama ini, pesan berantai mengenai campuran air kelapa muda, garam, dan air jeruk nipis yang disebut bisa membunuh virus corona hanya dalam waktu 1 jam saja.

Berikut isi lengkap pesan berantai tersebut:

Tolong bantu dikasih tahu ke saudara² kita yg kena covid 19..

Ini obat pemberian dari TUHAN yg mudah didapat yg sangat manjur..

???? 1 biji air kelapa muda

???? 1 biji jeruk nipis diperas

????1 sendok makan garam

Semuanya diaduk dan diminum airnya… dijamin 1 jam kemudian virusnya akan hilang….

Mudah mudahan semua dalam keadaan sehat walafiat..

Info dari teman yg kakaknya di kota Bau Bau Sulawesi Tenggara.. obat herbal ini sangat manjur…..

Bisa di infokan ke saudara,teman atau keluarga kita terima kasih…..

Benarkah demikian?

Belum terbukti

Guru besar pada Departemen Penyakit Dalam yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Ari Fahrial Syam, mengatakan, klaim ramuan seperti dalam pesan berantai itu belum terbukti secara medis.

“Istilahnya begini, belum ada obat yang efektif untuk membunuh virus corona. Kalau ada pesan-pesan seperti itu, itu kan sifatnya, oke lah mungkin kita bilang testimoni. Mungkin orang testimoni, testimoni itu tidak dikenal kita dalam dunia medis. Kenapa? Karena kan harus teruji secara uji klinis,” jelas Ari saat dihubungi Kompas.com, Minggu (15/11/2020).

Artinya, pemberian campuran 3 bahan herbal ini belum tentu mendatangkan efek yang sama jika dikonsumsi oleh orang-orang yang berbeda.

Mungkin bisa membawa dampak baik berupa kesembuhan, bisa juga memicu permasalahan lain.

Ari menyebutkan, sebenarnya Covid-19 merupakan penyakit yang pada dasarnya bisa sembuh dengan sendirinya.

“Kan penyakit ini penyakit yang bisa sembuh sendiri sebenarnya, bila tubuh kita bagus, kita bisa berhasil melewati penyakit tersebut,” kata dia.

Hingga saat ini, obat atau vaksin yang dipastikan efektif melalui serangkaian metode uji klinis belum ditemukan.

Ari mempersilakan jika ada yang ingin mencoba mengonsumsi campuran air kelapa muda, air jeruk nipis, dan garam seperti dalam pesan itu.

“Air kelapa muda itu kan sehat, minuman. Ada air, ada elektrolit, kemudian ada vitaminnya juga. Jeruk nipis kan vitamin C. Kalau garam kan elektrolit. Prinsipnya sih itu secara keseluruhan silakan saja (dikonsumsi),” jelas Ari.

Hati-hati yang punya penyakit lambung

Namun, ia menekankan, sebagai ramuan yang belum dipastikan efektivitasnya, larutan ini bisa menimbulkan efek samping, terutama bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan lambungnya.

“Kalau orang ada masalah dengan maag, itu bisa jadi problem. Jeruk nipis asam sama garam asin, maag-nya bisa kambuh. Saya terus terang saja juga ada pasien-pasien dapat jeruk nipis, jadi maag-nya kambuh,” ujar dia.

“Jadi mungkin kalau untuk orang yang enggak ada masalah dengan lambung, tidak ada masalah (konsumsi larutan tersebut). Tapi kalau dia seumpamanya memang ada masalah lambung, jadi bermasalah,” kata Ari.(mr)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *