Gubernur Jabar Ridwan Kamil Kunjungi Paguyuban Pasundan Ternate

Bandungrayanews/KOTA TERNATE – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berpesan kepada warga Ternate asal Jawa Barat yang tergabung dalam Paguyuban Pasundan Ternate untuk menjaga nilai silih asih, silih asah, silih asuh, dan silih wawangi di Grand Dafam Bela Hotel, Kota Ternate, Kamis (5/9/19).

“Saya juga mengajak warga Jabar yang tinggal di Kota Ternate untuk mengedepankan pepatah, di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung,” kata Emil –demikian Ridwan Kamil disapa.

“Banyak pemimpin daerah di Indonesia yang bilang ke saya, kalau orang sunda biasanya jadi juru damai. Orang-orangnya, katanya, ramah, santun, dan humoris,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Emil memberi bantuan dana sebesar Rp 50juta kepada Paguyuban Pasundan Ternate untuk mengembangkan organisasinya, sehingga Paguyuban Pasundan Ternate dapat melakukan berbagai program kerja dengan maksimal.

Selain itu, Emil meminta kepala daerah setempat, yakni Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, untuk mendukung kegiatan positif yang digelar Paguyuban Pasundan Ternate. “Jadi biasakan kita rajin bersilaturahim, menambah nikmat umur, kesehatan, dan tentunya nikmat silaturahim itu sendiri,” kata Emil.

Sementara itu, Ketua Umum Paguyuban Pasundan Maluku Utara, Kombes Pol Tubagus Siddiq mengatakan bahwa organisasinya terbentuk pada 2004. Saat ini, kata dia, jumlah warga Ternate asa Jabar mencapai 1.000 orang.

“Orang Sunda di sini, umumnya ingin anak-anaknya bisa sukses di sini,” kata Siddiq.

Sedangkan, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengatakan bahwa warga Ternate asal Jabar dikenal sebagai individu yang santun. “(Warga Pasundan) selalu membangun komunikasi, silaturahim dengan baik. Dengan itu, semua berjalan baik dan lancar, bahagia dan sejahtera,” kata Burhan.

Loading