Kapolres Kuningan Dampingi Bupati Terima Kunjungan Kerja Mentri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif

Bandungrayanews/ Kab. Kuningan Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si Senin (31/05) turut mendampingi Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H., M.H. ketika menerima kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dr H Sandiaga Salahudin Uno bersama Duta Pariwisata Indonesia yang merupakan seorang artis Cita Laura ke Desa Wisata Cibuntu Kec. Pasawahan Kab. Kuningan.

Selain Kapolres dan Bupati Kuningan, dalam penerimaan kunjungan tersebut hadir pula unsur Forkopimda Kab Kuningan seperti Ketua DPRD Kab. Kuningan yang diwakili oleh Ketua Komisi 2 DPRD Kab. Kuningan Rani Febriani, S.H., M.Hum, Dandim 0615 Kuningan diwakili oleh Danramil 1514 Mandirancan Kapten Infantri Suherdi, Kadis Kopdagrin Kab. Kuningan UU Kusmana, S.Sos., M.Si., Kadis Komunikasi dan Informatika Kab. Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si., Kasat Pol PP Kab. Kuningan Drs. Agus Basuki, M.Si., Kadis Porapar Kab. Kuningan Dr. H. Toto Toharuddin, M.Pd., Perwakilan Pengelola Objek Wisata Kab. Kuningan serta unsur Forkopimda lainnya.

Dalam sambutannya Kemenparekraf Dr H Sandiaga Salahudin Uno menyatakan bahwa kunjungannya ke Desa Cibuntu adalah terkait dengan sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sebagai program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang tengah digalakan oleh Kemenparekraf dengan tema “Indonesia Bangkit”.

“Dipilihnya Desa Cibuntu, sebagai lokasi kunjungan sosialisasi, karena Desa Cibuntu dikenal sebagai juara di level ASEAN untuk pariwisata dan pernah menyabet sebagai Desa Wisata Terbaik urutan kelima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay,” ujar Menparekraf.

Lebih jauh Kemenparekraf menyatakan bahwa Desa Cibuntu juga memiliki daya tarik wisata berupa air terjun, kolam renang dan camping ground, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana alam yang asri dengan berbagai fasilitas lengkap. Selain itu terdapat pula atraksi budaya yakni tarian penyambutan pengunjung yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Desa Cibuntu.

“Daya tarik lainnya, terdapat pula ekraf berupa suvenir kriya, yaitu produk-produk kesenian yang terbuat dari pemanfaatan limbah kayu. Selain itu juga banyak tersedia homestay, sebagai tempat istirahat dan penginapan untuk para wisatawan,” pungkasnya.

Dalam acara kunjungannya tersebut Menparekraf Dr H Sandiaga Salahudin Uno selain meresmikan Gedung ekraf Desa Cibuntu, juga turut melakukan beberapa kunjungan diantaranya ke Situs Bujal Dayeuh, kunjungan ke Home Stay, kunjungan ke Titik Camping Ground dengan menggunakan mobil Off Road dan kunjungan ke lokasi terapi Ikan.

Untuk diketahui, Desa Cibuntu, Pasawahan, Kabupaten Kuningan merupakan salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat yang meraih penghargaan tingkat nasional. Desa Cibuntu juga pernah mewakili Indonesia untuk Asia Tenggara. Selain itu Desa Cibuntu juga dinobatkan menjadi desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada tahun 2016 untuk bidang homestay. Selanjutnya pada tahun 2017, Desa Cibuntu juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam ajang Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.

Sumber: Kabag Humas Polres Kuningan Polda Jabar

 12 total views,  12 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *