Membangun Persatuan dan Kesatuan Ormas Islam Dalam Mewujudkan Visi Kota Bandung”.

UU Organisasi Kemasyarakatan Jadi Modal Ormas Islam Bangun Kota Bandung

Bandungrayanews/ Kota Bandung
Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, AT., M.M dan Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung H. Rizal Khairul, SIP., M.Si., menghadiri Sosialisasi Undang Undang Organisasi Kemasyarakatan bersama Ormas Islam, di Hotel Oasis, Bandung, Kamis (20/5/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Ketua MUI Kota Bandung Prof. Dr KH. Miftah Faridl, serta sejumlah pimpinan ormas Islam Kota Bandung.

Acara ini merupakan sosialisasi UU No. 16 tahun 2017 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Ormas Islam Kota Bandung berkumpul menyosialisasikan UU Ormas dengan tema “Membangun Persatuan dan Kesatuan Ormas Islam Dalam Mewujudkan Visi Kota Bandung”.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan, UUD 1945 telah menjamin kebebasan berserikat dan berkumpul bagi warga Indonesia. Oleh karena itu, kehadiran ormas Islam di Kota Bandung betul-betul bisa memperkuat penerapan demokrasi di Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini.

Kehadiran ormas Islam ini, kata Tedy, bisa bersinergi dengan DPRD Kota Bandung, Pemerintah Kota Bandung, demi mencapai visi pembangunan yang dicita-citakan bersama.

Bersama lahirnya UU Ormas ini, mudah-mudahan ormas Islam bisa mewujudkan Islam yang rahmatan lil aalmamiin di Kota Bandung.

“Substansi dibentuknya ormas yakni, yang tidak berpotensi menimbulkan beberapa hal yang boleh jadi mengancam persatuan dan kesatuan, No SARA, No kekerasan, tidak memimbulkan kebencian. Maka, bersama stakeholder ormas Islam, mari kita pupuk kebersatuan menjadi produktifitas membangun Bandung yang unggul,” ujarnya.

Dengan adanya UU Ormas di tengah Kota Bandung yang plural, ia mengajak seluruh pihak untuk mewujudkan toleransi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tedy berharap sosialisasi UU Ormas ini mampu menekan timbulnya potensi separatisme dalam konteks keutuhan NKRI.

Di Bandung, kata Tedy, UU Ormas ini bisa menjadi modal bersama, khususnya bersama ormas Islam untuk membangun dan memajukan kota ini. Dengan dukungan ormas Islam dalam visi Bandung Agamis, ia berharap dapat menjadi fondasi kuat untuk mencapai visi lainnya yakni Unggul, Nyaman, dan Sejahtera.

“Mudah-mudahan melalui forum ormas Islam ini, Bandung Agamis bisa makin kuat di Kota Bandung, yang semakin membuat kita beriman dan bertakwa, dengan hadirnya serangkaian dukungan program pro umat yang bisa makin dirasakan,” ujarnya.

Sumber: Marhaen/Humpro DPRD Kota Bandung.

 18 total views,  6 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *