Normalisasi Sungai Cidurian, Warga Bongkar Bangunan Secara Swadaya

Bandungrayanews.com/ Kota Bandung:Komandan Sektor 22 Citarum Harum Kolonel Infanteri Eppy Gustiawan saat mendampingi Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meninjau Sungai Cidurian di wilayah Kecamatan Arcamanik, menyampaikan

Sebagai bagian dari upaya normalisasi, sepanjang sungai Cidurian Ia mengungkapkan, dari jauh jauh hari pada tanggal 25 juni
kita melakukan sosialisasi dan pendataan, Kemudian 6 Juli dilakukan pengukuran dan penyampaian ST-1. Selanjutnya pada 16 Juli pemasangan patok batas sertifikat. Hingga pada 21 Juli monitoring pembongkaran mandiri,” ungkapnya.

Dari hasil pendataan yang dilakukan kita bekerja sama dengan dinas terkait  BPN (Badan Pertanahan Nasional, terdapat 103 bangunan. Dari jumlah 103 bangunan ada 29 bangunan yang sudah bersertifikat

Hal itu diungkapkan Komandan Sektor 22 Citarum Harum Kolonel Infanteri Eppy Gustiawan saat mendampingi Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana tengah meninjau Sungai Cidurian di Kecamatan Arcamanik, Selasa 3 Agustus 2021.

Alhamdulillah dalam pembongkaran bangunan- bangunan tersebut, dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Ujar Eppy

Selanjutnya, Eppy mengatakan, panjang penataan seluas 1.954 meter  itu terbagi dua wilayah, 1.300 meter masuk wilayah  Kecamatan Arcamanik  dan 654 meter masuk Kecamatan Antapani

“Adanya penataan ini tujuan utama untuk  mengembalikan fungsi sungai.  Mulai dari dampak dari bangunan liar, limbah sampah dan sedimennya.

Selain mengembalikan fungsi sungai rencana disepanjang bantaran sungai akan dibangun menjadi spot yang dimanfaatkan warga,” kata Eppy.

Atas hal tersebut, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku sangat bersyukur.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengikuti aturan, seperti membongkar bangunan dengan mandiri.

“Alhamdulilah kondusif. Kita lihat warga juga membongkar bangunannya sendiri. Terima kasih atas sosialisasi yang dilakukan oleh kewilayahan,” katanya.

Hal itu menunjukan bahwa masyarakat semakin paham dan berusaha mengurangi dampak banjir,” kata Yana.

Oleh karenanya, ia mendorong dinas terkait agar terus berkolaborasi agar rencana yang tengah dijalankan menunjukkan hasil yang signifikan.

“Dinas terkait tentu akan mendukung terus selama dibutuhkan. Insyallah semangatnya kita sama menata Bandung dari baik semakin baik,” ujarnya.

Dalam acara tersebut turut hadir pula: Kepala Dinas PU Kota Bandung, Kepala DPKP3 Kota Bandung, Kepala DLHK Kota Bandung, Kepala Distaru Kita Bandung, Kepala Satpol PP Kota Bandung, Kepala DKPP Kota Bandung, Camat Arcamanik, Kapolsek Arcamanik, Danramil 1810/AAM Kodim 0818/BS dan Lurah Cisaranten Endah

 330 total views,  6 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *