Sediakan Selalu Perbekalan Vitamin ini Agar Tidak Kena Virus COVID-19

Bandungrayanews/Hingga Sabtu (23/1/2021), total kasus Covid-19 di dalam negeri terus menunjukan kenaikan dan hampir mendekati satu juta kasus. Tercatat jumlah kasus Covid-19 positif mencapai 965.283 orang.

Kabar terbaru dalam penanganan Covid-19 di dalam negeri adalah pengumuman yang disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Dia menyebutkan dirinya positif tertular virus corona (covid-19).

“Dari hasil tes PCR tadi malam, pagi ini mendapatkan hasil positif Covid-19 dengan CT Value 25. Saya sama sekali tidak merasakan gejala apapun dan pagi ini tetap beraktivitas normal dengan olahraga ringan berjalan kaki 8 kilometer,” tutur Doni dalam siaran pers Sabtu (23/1/2021), seperti dilansir CNBC Indonesia.

Doni diketahui tengah memiliki aktivitas padat dalam sepekan terakhir memimpin penanggulangan bencana gempa bumi Sulawesi Barat dan banjir Kalimantan Selatan.

Dia kini tengah melakukan isolasi mandiri dan mengklaim terus memantau perkembangan penanganan Covid-19 dan penanganan bencana di berbagai daerah.

“Covid-19 ini begitu dekat di sekitar kita. Selama ini saya berusaha sekuat tenaga patuh dan disiplin menjalan protokol kesehatan dan tetap bisa tertular. Dengan kejadian ini saya meminta masyarakat agar jangan kendor dalam memakai masker, menjaga jarak dan jauhi kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” jelasnya.

Semakin dekatnya lingkaran kasus Covid-19 di lingkungan kita membuat setiap orang untuk ekstra hati-hati dalam beraktivitas dan tidak lupa untuk menerapkan protokol kesehatan yang disarankan.

Selain protokol kesehatan, disarankan juga mulai mempersiapkan diri. Termasuk untuk konsumsi vitamin.

Berikut sejumlah vitamin yang dianjurkan bagi para pasien Covid-19, dirangkum CNBC Indonesia.

Pasien Tanpa Gejala

Untuk pasien tanpa gejala bisa mengkonsumsi vitamin C dan Vitamin D. Untuk Vitamin C dengan pilihan sebagai berikut:

* Tablet Vitamin C non acidic 500mg per 6-8 jam oral, untuk 14 hari.

* Tablet isap Vitamin C 500mg/12 jam oral selama 30 hari.

* Multivitamin yang mengandung Vitamin C 1-2 tablet per 24 jam selama 30 hari. Dianjurkan Multivitamin yang mengandung vitamin C, B, E, Zink.

Pilihan Vitamin D sebagai berikut:

* Suplemen: 400 IU-1000 IU per hari. Tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, tablet effervescent, tablet kunyah, tablet hisap, kapsul lunak, serbuk, dan sirup.

* Obat 1000-5000 IU per hari. Tersedia dalam bentuk tablet 1000 IU dan tablet kunyah 5000 IU.

Pasien Covid-19 Gejala Ringan

Vitamin C, dengan pilihan:

* Tablet vitamin C non acidic 500mg per 6-8 jam oral (untuk 14 hari).

* Tablet isap Vitam,in C 500 mg per 12 jam oral (selama 30 hari).

* Multivitamin yang mengandung Vitamin C 1-2 tablet per 24 jam (selama 30 hari). Dianjurkan Multivitamin yang mengandung vitamin C, B, E, Zink.

Sementara untuk Vitamin D, adalah:

* Suplemen: 400 IU-1000IU. Tersedia dengan bentuk tablet, kapsul, tablet effervescent, tablet kunyah, tablet hisap, kapsul lunak, serbuk, dan sirup.

* Obat 1000-5000 IU per hari, tersedia dalam bentuk tablet 1000 IU dan tablet kunyah 5000 IU.

Pasien Covid-19 Gejala Sedang

Untuk pasien dengan gejala sedang bisa diberikan vitamin melalui suntikan intravena selama perawatan di rumah sakit.

Pasien Covid-19 Gejala Berat

Pasien gejala berat membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit. Pemberian vitamin dilakukan dalam suntikan intravena yang disesuaikan dengan anjuran dokter.

Loading