Tiga Dosa Yang Paling Dimurkai Alloh

Bandungrayanews – Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di antara dosa yang tidak disukai Allah Ta’ala ada tiga perbuatan yang tergolong ke dalam dosa paling besar. Ketiga dosa ini merupakan dosa paling dimurkai Allah Ta’ala. Semoga Allah menjauhkan kita dari ketiga perbuatan ini.

Melansir dari Sindo news dengan sedikit perubahan, setidaknya ada tiga dosa yang paling dimurkai Alloh dan Rasul-Nya dalam Al-Qur’an dan Hadis yaitu :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الذَّنْبِ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ قَالَ أَنْ تَجْعَلَ لِلَّهِ نِدًّا وَهُوَ خَلَقَكَ قُلْتُ إِنَّ ذَلِكَ لَعَظِيمٌ قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ قَالَ ثُمَّ أَنْ تَقْتُلَ وَلَدَكَ تَخَافُ أَنْ يَطْعَمَ مَعَكَ قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ قَالَ ثُمَّ أَنْ تُزَانِيَ بِحَلِيلَةِ جَارِكَ (رواه البخاري)

Dari Ibnu Mas’ud RA berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, ‘Dosa apakah yang paling besar di sisi Allah?” Maka Nabi SAW menjawab, “Engkau menjadikan tandingan (syirik) untuk Allah, padahal Dia lah yang menciptakanmu.” Aku lalu berkata, ‘Jika demikian berarti itu memang perkara besar!” Kemudian aku bertanya lagi, ‘Lalu apa lagi? ‘ Nabi SAW menjawab: “Engkau membunuh anakmu karena kamu khawatir (takut) ia akan makan bersamamu.” Kemudian saya bertanya, “Lantas apa lagi?” Nabi SAW menjawab: “Engkau berzina dengan istri tetanggamu.” (HR. Al-Bukhari)

Direktur Institut for Islamic Studies dan Development Jakarta, Ustaz Rikza Maulan menjabarkan makna hadis tersebut, yaitu:

1. Syirik.

Merupakan dosa terberat dan terbesar yang pelakunya tidak akan pernah mendapatkan ampunan dari Allah Ta’ala. Dan di antara salah satu bentuk kemusyrikan adalah meyakini ada yang dapat memberikan keselamatan, rezeki, keberuntungan, kesembuhan, kebahagiaan, selain dari Allah Ta’ala. Maka orang yang menyekutukan Allah, kelak akan kekal di dalam kobaran siksa api neraka.

2. Membunuh Anak.

Di antara dosa paling berat adalah membunuh anak yang disebabkan karena khawatir jatuh miskin. Sebab, setiap manusia atau bahkan setiap makhluk bernyawa yang hidup di dunia ini, telah Allah tentukan dan Allah berikan rizkinya. Oleh karenanya, kita tidak perlu khawatir karenanya. Dan membunuh anak (baik ketika masih berada dalam kandungan/janin atau ketika sudah lahir), adalah termasuk dosa besar yang menjadikan pelakunya akan mendapatkan kemurkaan Allah Ta’ala.

3. Berzina dengan Istri Tetangga

Dosa besar lainnya yang sangat dimurkai Allah adalah berzina dengan istri tetangganya sendiri. Berzina dengan orang lain yang bukan tetangga saja sudah demikian besar dosanya, dimana secara hukum pelakunya dapat dirajam sampai meninggal dunia (jika sudah menikah), atau mendapatkan 100 kali cambukan (jika belum menikah). Namunm ternyata berzina dgn istri tetangga jauh lebih keji, karena tentu menyebabkan kerusakan moral besar di masyarakat. Semoga Allah menghindarkan kita semua dari ketiga dosa besar ini, serta semoga kita semua masuk dalam golongan orang-orang yang bertakwa. (Baca Juga: 17 Dosa Besar yang Harus Diketahui Umat Islam)

Dalam Al-Qur’an, Allah Ta’ala juga mengabarkan hukuman berat bagi yang melakukan ketiga dosa tersebut. Berikut firman-Nya yang artinya: “Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sembahan lain dan tidak membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina. Dan barangsiapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat hukuman yang berat.”

“(Yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari Kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina”.

“Kecuali orang-orang yang bertobat dan beriman dan mengerjakan kebajikan; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebaikan. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (Al-Furqan: Ayat 68-70)

Semoga kita semua terhindar dari tiga dosa yang paling besar sehingga dimudahkan dapat berkumpul bersama keluarga di Jannah. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *