25 Rumah Rusak Tertimpa Banjir Dan Longsor

Bandungrayanews.com / 18 Juni 2021,- Kabupaten Bandung:
Kab. Bandung, Jawa Barat  Sebanyak 25 rumah terkena imbas musibah banjir dan longsor yang terjadi di Legok Kondang, tepatnya di RW 18 Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Kamis (17/6/2021)

Menurut keterangan yang disampaikan Ketua RW Setianugraha mengatakan, “Banjir disertai longsor tersebut terjadi kurang lebih jam satu pada siang hari kamis.

Awal mula kejadian dimulai dengan hujan yang sangat besar dan singkat. Selokan Cibatu Hawu jebol karena tidak sangup menampung debit air yang begitu deras.

Warga yang dibawah tanah pertanian dengan kemiringan tanah kurang lebih 35 derajat kena imbas akibat terjadinya longsor.- terangnya.

Akibat longsor dan banjir tersebut, sebanyak 25 Kepala Keluarga yang berada di RT 002 RW 018 terkena dampak. Rumah–rumah mereka mengalami kerusakan berat akibat material lumpur dan batu yang menimpa rumah-rumah yang ada disekitar itu.’  ungkap Ketua RW.

“Untuk kerusakan-kerusakan diantaranya mulai dari Bangunan Rumah, Peralatan Dapur (perabotan), Kursi, TV, Lemari, Tempat Tidur serta kendaraan roda dua yang diperkirakan mencapai kerugian materi kurang lebih sebesar Rp. 150 juta,” katanya.

Kerugian Selain daripada bangunan dan perabot rumah tangga juga menimpa lahan pertanian  karena diatas perumahan warga tersebut terdapat tanaman para petani, diantaranya ada tanaman sayur mayur dan Strawberry yang kini rusak parah akibat longsor. Sementara untuk perbaikan sarana pertanian tersebut ditaksir kurang lebih Rp. 70 jutaan,” ucap Pap.

“Pada musibah tersebut Alhamdulillah tidak terdapat korban jiwa. Tanggap darurat bantuan bencana di lapangan secara serentak dilakukan gotong royong bersama-sama, baik warga, pemerintahan Desa, Kecamatan, Tim Tagana, Polsek dan TNI. Hingga saat ini didirikan posko penanggulangan bencana di Mesjid,” kata Pep Setianugraha kepada awak media  Bandungrayanews.com

Sambung Pep, menyampaikan himbauwan, Hingga saat ini, warga sangat membutuhkan bantuan baik makanan, pakaian dan tempat tidur karena terbawa hanyut. Oleh sebab itu kami meminta bantuan kepada instansi yang terkait dan juga kepada para pembaca yang peduli, kami meminta uluran tangannya melalui kontak WA : 087834700878/ Bank bjb syariah 5010206040000 KCP Soreang An : Apep Setiawan Ramdhani atau bisa datang langsung ke lokasi,” pungkasnya.

 244 total views,  6 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *