Hana Nur Hanifah, Juara I FB Service LKS Tingkat Kabupaten Bandung

Bandungrayanews.com/KABUPATEN BANDUNG, – Hana Nur Hanifah, siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Baleendah berhasil meraih juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tata Boga Bidang Pelayanan Restaurant Service Tingkat Kabupaten Bandung.

Dalam perlombaan tersebut, selain cekatan, Hana juga dituntut bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Hana mengakui, untuk mempelajari bidang food and beverage (FB) service ini, ia terlebih dahulu harus melatih kemampuannya berbahasa Inggris. “Selain itu, saya jadi mempunyai banyak relasi dan juga membantu saya mempelajari hal-hal lain yang belum saya ketahui,” ujarnya saat diwawancarai, Jumat (8/11/2019).

Menurut Hana, FB service ini cukup melatih kesabaran dan ketelatenan. Terlebih, FB service harus memberikan pelayanan terbaik di resto, kafe, hotel maupun rumah sakit. Karena, tujuan utamanya untuk memuaskan pelanggan dan memenuhi kebutuhan para pengunjung.

“Jadi, sebelum mengikuti perlombaan, saya harus melewati seleksi antarkelas terlebih dahulu. Seleksi ini dinilai dari lancar tidaknya berkomunikasi, baik dengan bahasa Inggris ataupun Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam pelayanan. Hingga akhirnya Hana terpilih mewakili SMKN 2 Baleendah melaju ke lomba service tingkat kabupaten.

Saat perlombaan, Hana diminta mempersiapkan meja buffet, membuat lipatan napkin, dan membuat kreasi potongan buah pada oval plate untuk 2 porsi untuk ditampilkan di atas meja buffet yang sudah disediakan. Tak hanya itu, Hana juga mengkreasikan minuman segar (mocktail) sesuai resep yang telah ditentukan.

“Bahkan, saya juga melaksanakan pelayanan restoran dengan metode American service. Banyak hal baru yang saya pelajari dan saya bersyukur bisa melewatinya serta mendapatkan hasil memuaskan,” ucapnya bangga.

(Eri)

Loading