26 Bahan Alami untuk Menyuburkan Rambut dengan Cepat

bandungrayanews.com / Menyuburkan rambut kerap jadi perkara, tapi bukan berarti nggak ada solusinya. Buat rambut lebih subur dengan 26 bahan alami untuk menyuburkan rambut dengan cepat berikut.

Bahan Alami untuk Menyuburkan Rambut

bahan alami untuk menyuburkan rambut - lidah buayaSumber gambar: Pixabay

1. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal sebagai bahan alami penyubur rambut ampuh. Bahan alami untuk merawat rambut ini memiliki kandungan tonik yang akan menyuburkan serta menutrisi rambut hinggak kebagian akarnya. Toppers cukup menggunakan bagian daging dan lendir lidah biaya pada kulit kepala sembari dipijat. Diamkan selama beberapa saat sampai nutrisi dari bahan alami penyubur rambut ini menyerap sampai ke akar rambut setelah itu bilas dan keramas rambut. Lakukan perawatan rambut dengan lidah buaya ini dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

2. Kemiri

Bahan alami penyubur rambut selanjutnya adalah kemiri. Minyak kemiri mengandung berbagai zat asam, lemak, dan juga vitamin B yang baik untuk menutrisi rambut. Minyak dari bahan alami kemiri bisa memperbaiki dan memperkuat akar rambut. Gunakan minyak kemiri sebagai masker rambut atau bahan untuk creambath alami untuk mendapatkan khasiat dari bahan alami penguat akar rambut.

3. Zaitun

Selain kemiri, minyak lainnya yang terkenal sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut adalah minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung Biotin, Niacin, Vitamin E dan D yang bisa merawat rambut agar tidak mudah rontok dan jadi lebih subur. Cara menggunakan bahan alami penyubur rambut ini juga mudah. Cukup pijat kepala menggunakan lima tetes minyak zaitun setelah keramas. Diamkan selamanan dan bilas pada pagi harinya.

4. Santan

Santan adalah bahan alami untuk merawat rambut yang kaya akan protein. Bahan alami penyubur rambut ini nggak cuma membuat rambut jadi tumbuh lebih cepat, tapi juga lembut yang lebih berkilau. Cukup oleskan bahan penyubur rambut alami ini pada kulit kepala dan rambut. Bungkus dengan rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas rambut dengan air dingin.

5. Seledri

Nggak cuma sebagai pelengkap bahan makanan, ternyata kandungan dalam seledri bermanfaat untuk menyuburkan rambut! Bahan alami penyubur rambut ini mengandung kalsium,  zat besi, natrium, vitamin A dan B yang akan merangsang pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau.

bahan alami untuk menyuburkan rambut - maduSumber gambar: Pixabay

BACA JUGA: 5 RESEP DAN CARA MEMBUAT MASKER WAJAH ALAMI DENGAN MUDAH

6. Madu

Jika kamu ingin menyuburkan rambut secara alami, madu murni bisa membantumu. Madu mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, vitamin E, vitamin C, serta vitamin A yang akan menutrisi rambut sehingga menjadi subur. Untuk memanfaatkan bahan alami penyubur rambut ini adalah dengan mengoleskannya pada rambut layaknya masker rambut dan diamkan selama 20-30 menit.

7. Bawang Merah

Kadang masalah tak suburnya rambut memicu rontoknya rambut. Untuk memperkuat rambut, bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah bawang merah. Cukup peras cincangan bawang merah hingga kamu mendapatkan sarinya. Sari bawang merah ini bisa kamu oleskan pada kulit kepala dan pijat. Diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas dan dikeramas.

8. Bayam

Bahan penyubur rambut alami selanjutnya adalah sayur bayan yang memiliki vitami dan mineral. Bayam memang terkenal sebagi makanan yang sehat, tak hanya buat tubuh, tapi juga buat perawatan rambut. Toppers cukup tumbuh segenggam bayam sampai halus dan campurkan dengan air matang sedikit. Campurkan dengan sesendok madu. Saring ramuan ini dan minum airnya sebanyak 3 kali setiap harinya untuk menyuburkan rambut.

9. Kulit Apel

Siapa sangka kulit apel yang biasanya kita buang ternyata berkhasiat sebagai bahan alami penyubur rambut. Vitamin dasar yang terdapat pada kulit apel bisa meningkatkan sirkulasi dasar ke kulit kepala yang akan menyuburkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakan bahan alami penyubur rambut ini adalah dengan mengoleskan kulit apel yang sudah dihaluskan dan diamkan beberapa saat. Setelelah itu bilas rambutmu.

10. Minyak Jarak

Untuk yang memiliki masalah rambut tipis atau rambut rontok, perawatan rambut dengan bahan alami minyak Jarak bisa jadi solusi. Cukup pijatkan beberapa tetes minyak jarak pada seluruh bagian rambut dan kulit kepaa dan diamkan selama satu jam. Bilas dan keramas rambut setelah nutrisi dari bahan alami penyubur rambut ini menyerap sempurna. Lakukan hal ini selama dua kali seminggu untuk mendapatkan rambut subur, kuat, dan lebih tebal.

bahan alami penyubur rambut - gossberrySumber gambar: Wikipedia

11. Goosberry India

Bahan penyubur rambut alami satu ini mungkin nggak sepopuler bahan alami penyubur rambut lainnya. Tapi, Gooseberry India kaya akan antioksidan dan vitamin C yang baik untuk rambutmu. memang tak banyak yang tahu karena bahan ini meski alami tentu masih jarang terdengar. Hanya saja, sebagai solusi rambut rontok memang bahan ini betul-betul luar biasa. Gooseberry juha mampu membunuh bakteri dan membasmi radikal bebas yang ada di kulit kepala. Cara penggunaan bahan penyubur rambut alami ini adalah dengan mencampurkannya dengan jus lemon dan minyak kelapa dengan cara diblender. Campuran inilah yang bisa kamu gunakan sebagai masker rambut untuk membuat rambut jadi subur.

12. Minyak Kelapa

Seperti minyak lainnya yang sudah dibahas, minyak kelapa juga merupakan bahan alami penyubur rambut yang bisa kamu coba sebagai solusi rambut rontok. Cukup gunakan minyak kelapa kepada kulit kepala dan pijat perlahan. Diamkan selama sesaat dan bilas rambut sampai bersih. Bahan alami penyubur rambut ini juga baik untuk kamu yang memiliki masalah rambut kering, lho!

13. Yoghurt

Nggak cuma memperlancar sistem pencernaan, yoghurt ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan penyubur rambut yang mujarab. Campurkan yoghurt dengan madu dan lemon atau bahan penyubur rambut alami lainnya dan gunakan sebagai masker atau untuk creambath. Dengan begitu rambut akan jadi lebih subur dan kuat.

14. Alpukat

Penyubur rambut alami selanjutnya adalah buah alpukan yang lezat. Alpukan memang memiliki banyak khasiat sebagai bahan perawatan kecantikan. Selain bisa menghaluskan kulit, alpukat juga bisa menyuburkan rambut dan menjaga warna hitam alami pada rambut. Toppers cukup gunakan buah alpukat yang sudah dihaluskan sebagai masker rambut dan bungkus rambut dengan handuk hangat hingga nutrisi pada bahan alami ini menyerap. Mudah, bukan?

15. Air Teh

Suka minum teh? Jangan buang sisa air teh atau daun teh yang sudah nggak terpakai karena bahan alami ini ternyata bisa berkhasiat sebagai penyubur rambut alami, lho! Gunakan air atau daun teh yang sudah kamu diamkan semalaman untuk keramas agar rambut jadi lebih subur dan sehat.

16. Ketumbar

Bukan sekedar bumbu dapur saja, ketumbar yang ditumbBiji ketumbar ditumbuk hingga halus lalu campurkan ke minyak rambut yang biasa dipakai. Biji ketumbar merangsang pertumbuhan rambut. Selain cara di atas juga bisa dengan cara mencampurkan ke dalam makanan sebagai bumbu masakan.

17. Daun Mangkok dan Daun Pandan

Banyak sekali bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk merawat dan menyuburkan rambut. Salah satunya daun mangkok dan daun pandan. Haluskan daun ini dengan air dan gunakan cairannya pada kulit kepala. Pijat perlahan dan diamkan sesaat sebelum keramas.

bahan alami penyubur rambut - semangkaSumber gambar: Pixabay

18. Semangka

Nggak cuma menyegarkan, buah semangka ternyata berkhasiat sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut. Manfaatkan berbagai kandungan vitamin buah semangka dengan menggosokkan kulit buah semangka yang masih ada sedikit dagingnya. Biarkan semalaman dan keramas rambut keesokkan harinya. Lakukan rutinitas perawatan rambut ini sekali selama seminggu untuk hasil rambut subur yang maksimal.

19. Oatmeal

Oatmeal terkenal sebagai makanan dengan kehebatannya dalam menurunkan kolesterol. Namun, oatmeal juga bisa menjadi bahan penyubur rambut alami lho! Nggak cuma mengurangi kerontokan, bahan penyubur rambut ini juga bisa mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala. Gunakan campuran oatmeal, susu, dan minyak almond sebagai bahan masker rambut dan gunakan seperti masker rambut pada umumnya.

20. Bunga Sepatu

Nggak cuma sebagai tanaman hias, bunga sepatu juga bisa digunakan sebagai bahan alami penyubur rambut. Rebus bunga sepatu dan gunakan air rebusannya sebagai masker rambut. Untuk hasil lebih maksimal, campurkan rebusan bunga sepatu dengan bahan penyubur rambut alami lainnya seperti minyak zaitun atau madu.

21. Telur

Telur mengandung banyak protein, yang nggak cuma baik untuk dikonsumsi tapi juga untuk merawat kesehatan rambutmu. Buatlah masker rambut dari telur yang dicampurkan dengan madu serta minyak zaitun untuk mendapatkan masker rambut alami yang dapat menyuburkan rambutmu.

22. Biji Pepaya

Untuk rambut subur dan hitam berkilau sempurna, biji pepaya bisa kamu jadikan bahan alami penyubur rambut. Sangrai biji pepaya dan haluskan. Campurkan dengan minyak kelapa (atau minyak kemiri, zaitun, dan almond) sebelum kamu oleskan pada seluruh rambut dan pijat perlahan.

bahan alami penyubur rambut - pisangSumber gambar: Pixabay

23. Pisang

Pisang adalah buah yang mengandung banyak nutrisi kalium, vitamin C, A dan E yang baik untuk kesehatan dan kesuburan rambut. Cara menggunakan bahan alami untuk menyuburkan rambut ini juga terbilang muda. Cukup blender pisang dengan minyak kelapa, madu murni, dan bisa juga dicampurkan bahan penyubur rambut alami lainnya sebelum kamu gunakan untuk creambath.

24. Almond

Satu lagi minyak alami yang berkhasiat sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut adalah minyal Almond. Nggak perlu bingung karena penggunaannya serupa layaknya minyak lainnya. Minyak almond juga bisa jadi bahan campuran masker rambut alami bersama dengan bahan alami penyubur rambut lainnya.

25. Jinten

Jinten merupaka salah satu bumbu dapur yang berkhasiat sebagai bahan penyubur rambut alami. Cukup rebus jinten dan campurkan air rebusannya dengan kuning telur sebelum dioleskan pada kulit kepala. Campuran rebusan jinten ini berkhasiat merangsang kesuburan rambut dan menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

26. Strawberry

Bahan alami penyubur rambut lainnya adalah buah strawberry yang kaya vitamin C dan antioksidan alami. Kandungan ini akan membantu mengatur pH dan mengontrol produksi minyak berlebih di kulit kepala. Cukup gunakan jus strawberry segar alami dan campurkan dengan madu dan minyak kepala sebelum dioleskan pada kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit sebelum keramas. Dengan begitu rambutmu akan lebih subur dna sehat.

Menyuburkan rambut ternyata nggak sulit, bukan? Hanya bermodalkan bahan-bahan alami penyubur rambut, Toppers sudah bisa mendapatkan rambut yang sehat dan subur. Untuk hasil lebih maksimal gunakan juga berbagai produk perawatan rambut yang bisa kamu dapat dengan mudah di apotek atau toko obat lainnya.

close

Loading